Senin, 29 Agustus 2016

Tips Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

Bagaimana cara mempercepat koneksi internet pada hp android ? Koneksi internet merupakan suatu hal yang selalu kita butuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam dunia maya, muali dari chating mencari informasi maupun melakukan transaksi jual beli online. tapi kalau internet kita terasa lemot / lambat bisa menjadi hambatan untuk melakukan aktivitas diatas bahkan kita menjadi jengkel dan jadi suatu permasalahan yang sering dirasakan oleh setiap masyarakat kita semenjak kemunculan smartphone android.

Koneksi internet pada handphone maupun tablet Android memang tidak selalu cepat, terkadang pengguna smartphone Android dibuat lebih lama menunggu ketika membuka sebuah halaman web atau pada saat sedang mendownload aplikasi di Google Play Store.

tips kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi permaslahan diatas. Ada beberapa cara menstabilkan koneksi internet meskipun jaringan handphone sudah mendukung 3G. Dengan memberikan sedikit perubahan setting pada ponsel, supaya anda dapat menikmati koneksi internet yang lebih lancar, tidak lelet.

Tips Mempercepat Koneksi Internet Android





Berikut cara mengatasi koneksi internet  agar tidak lemot :


1. Gunakan Provider Terbaik

  1. Langkah terpenting untuk mempercepat koneksi internet Android agar Internet Android Cepat  adalah provider penyedia layanan internet (internet servide provider / ISP). Pemilihan provider yang kurang tepat secara langsung menyebabkan koneksi internet lelet, bahkan putus-putus, Semua provider GSM di Indonesia saat ini sudah memiliki teknologi 3G mobile broadband, namun mereka tidak mencakup 100 persen wilayah Nusantara ini.

2. Pilih Koneksi Data yang Tepat

  1. Biasanya terdapat 3 pilihan (android 3G) dan 4 pilihan (android 4G) dalam mode jaringan internet android, yaitu Auto (otomatis memilih 3G atau GSM), 3G / WCDMA Only, dan GSM. Secara default (pengaturan pabrik) smartphone android sobat diset ke auto, yang membuat hp berpindah antara GSM dengan 3G secara otomatis. namun sambungan internet yang berganti-ganti, misalnya dari jaringan 3G ke jaringan 2G, 4G ke 2G, dan lainnya membuat koneksi internet tidak stabil.
  2. Coba test untuk menggunakan salah satu dari jenis sambungan yang ada. Jika sobat memiliki handset 4G LTE maka pastikan itu dihidupkan. Sementara jika hp sobat dengan sambungan 3G maka pastikan mengaktifkan selain GSM atau CDMA (WCDMA adalah nama lain dari 3G). Dengan kata lain, utamakan 3G (untuk ponsel 3G), jika tidak stabil baru gunakan GSM atau GPRS. Sobat harus mengetesnya dari yang terkuat (3G) dan jika tidak stabil barulah menurunkannya ke kecepatan yang lebih rendah. Setiap perubahan jenis koneksi bisa memakan waktu hingga 30 detik atau lebih, jadi sabar sedikit dan pantau konektivitas di bagian atas perangkat.
  3. Koneksi jaringan internet tiap wilayah  berbeda-beda antar , jadi mungkin saja yang terbaik untuk sobat adalah jaringan 2G/GSM jika HSDPA / 3G atau 4G tidak stabil / internet android sering putus atau bahkan internet android tidak konek, dan setting kembali ke agar dapat mengakses data.
  4. Jaringan yang selalu berpindah-pindah antara 4G ke 3G ke GSM membuat baterai boros dan keuntungan kecepatan yang didapat pun tidak seberapa besar.
 
Caranya adalah dengan masuk ke setting >> mobile data >> mobile networks >> network mode >> pilih WCDMA Only atau GSM only (untuk 3G) atau pilih 4G (untuk 4G) sesuai dengan jaringan yang stabil di daerah sobat. Cara mengatur jaringan ini berbeda-beda tiap smartphone, sobat bisa coba-coba sendiri untuk mengaturnya untuk Internet Android Cepat.

3. Tambahkan Router Wifi

  1. Bagi sobat yang memiliki banyak gadget, tablet dan beberapa komputer ataupun laptop, belilah router wifi atau modem mifi untuk bisa menggunakan satu sambungan internet untuk semua perangkat yang sobat miliki. Memang android bisa menshare jaringan internet yang dimiliki melalui fitur mobile hotspot yang bisa sobat akses dalam menu pengaturan. Namun dengan fitur ini baterai sobat akan cepat terkuras habis dan android menjadi panas
  2. Dengan router wifi atau modem mifi, apapun provider dan jaringan yang sobat pilih, semua perangkat bisa terkoneksi dengan hanya menggunakan satu jaringan internet. Router wifi atau modem mifi supaya internet android cepat sudah banyak dijual dipasaran, dan cara instalasinya pun mudah, untuk orang yang buta IT sekalipun.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

  1. Aplikasi dan layanan lainnya secara perlahan membangun cache, seiring waktu berjalan cache bisa memakan sumber daya sistem android . Jika sobat telah berbulan-bulan memakai hp android, mungkin saja cache beberapa aplikasi telah mencapai beberapa megabyte.
  2. Cara untuk meringankan kembali kerja dan mempercepat internet android, sobat bisa membersihkan cache secara manual atau dengan menggunakan aplikasi.
  3. Untuk membersihkan cache secara manual satu persatu, masuk ke Settings dan kemudian pilih Aplikasi. Pilih aplikasi yang sering digunakan, seperti browser Anda , dan cari pilihan Clear Cache. Lakukan ini untuk semua aplikasi yang paling sering Sobat gunakan. Jika ingin melakukan semuanya sekaligus, sobat dapat men-download aplikasi pembersih seperti App CC+ atau aplikasi lainya yang bisa anda ppilih di playstore

5. Beri Ruang bagi RAM

  1. Random Access memory (RAM) adalah salah satu perangkat keras android yang sangat berpengaruh pada kinerja android sobat secara keseluruhan.
  2. Untuk RAM yang terbatas, sebaiknya tutup semua aplikasi setiap selesai memakainya. Pemakaian RAM umumnya bisa diperiksa dengan menekan tombol home agak lama. Setelah muncul task manager yang memunculkan semua aplikasi yang sedang berjalan, untuk mengatasinya pilih clear all untuk menutup semuanya. Atau sobat bisa masuk ke menu setting >> apps >> running >> pilih aplikasi yang ingin ditutup >> pilih Stop.

6. Pilih Browser yang Tepat

  1. Selain browser bawaan, banyak pilihan browser android yang tersedia di Google Play Store. Pemilihan browser juga mempengaruhi kecepatan dan kenyamanan sobat saat browsing menggunakan android. Beberapa fitur browser membantu mempercepat internet android dan bahkan menghemat data kuota internet. Untuk menentukan pilihan browser yang tepat dan sesuai dengan karakter sobat baca juga Aplikasi Browser Android Terbaik dan Paling Cepat.

7. Hapus atau Uninstall Aplikasi dan Widget yang Tidak Terpakai

  1. Kebanyakan aplikasi dan widget  tidak memberatkan kinerja android, tetapi beberapa menghabiskan banyak ruang data beserta dengan koneksi internet terus menerus dengan berjalan di latar belakang. Langkah pertama yang mudah dilakukan namun berdampak besar adalah dengan menghilangkan widget dari homescreen jika tidak digunakan. Caranya, tekan dan tahan pada widget dan geser ke ikon Remove di bagian atas layar. Ini tidak akan menghapus/uninstall widget, hanya menghapusnya dari homescreen dan membuatnya tidak aktif.
  2. Untuk benar-benar menghapus / uninstall aplikasi,  sobat harus masuk ke menu Aplikasi, yang caranya berbeda-beda antar perangkat. Kadang hanya dengan menekan dan tahan, tetapi biasanya dengan menekan tombol menu dan tekan baik Sunting atau Hapus Aplikasi. Namun begitu, aplikasi bloatware atau aplikasi bawaan google maupun produsen ponsel sobat biasanya tidak bisa dihapus. Dan untuk melakukannya, sobat harus me-root handphone terlebih dahulu.

8. Optimalkan Browser

  1. Browser yang tepat belum cukup, karena seiring waktu penggunaan biasanya browser akan menjadi lambat dan cenderung force close. Untuk membuat kinerja browser tetap cepat, ringan dan optimal, sobat harus secara manual dan berkala menghapus history dan cache browser android agar internet android segar kembali.
  2. Jika sobat menggunakan browser hanya untuk baca-baca teks, dan tidak terganggu dengan ketiadaan gambar pada artikel, sobat bisa mengaktifkan mode "text only" pada browser. Sehingga browser tidak akan me-load gambar dan itu mempercepat browsing dengan internet android.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai cara mempercepat koneksi internet pada HP android. Semoga cara mempercepat koneksi Internet pada smartphone android ini dapat bermanfaat. Selamt mecoba dan terimakasih
Tags :

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments