Jumat, 26 Agustus 2016

Koin Ethereum


Apa sih keistimewaan tentang Ethereum? Kenapa Ethereum menjadi perhatian umum? Bagaimana prospek Ethereum kedepannya? Ahaaa..... sabar.. akan diulas satu per satu berdasarkan narasumber dan pengamatan kita selama ini.


Target awal pasar Ethereum ialah sedikit berbeda dengan Coin Digital lainnya karna 99% orang yg menggunakan Ethereum ialah para developer dan programmer. Alasannya simple... karna mereka mereka ini sangat mencintai teknologi baru dan Ethereum ialah apa yg mereka idamkan selama ini.  Hanya di Ethereum dimana programmer menengah ke bawah dapat membangun sesebuah aplikasi desentralisasi (Dapps) dan mempunyai akses penuh pada sekuritas protokolnya.


Keunikan Ethereum antara lain:

1) Transaksi pada Ethereum lebih cepat karna ia menerapkan Protokol Ghost. Waktu setiap block hanya mengambil waktu 12 detik dimana ia lebih cepat dari BitCoin yg memerlukan 10menit.
2) Model Ekonomi Ethereum berbeda dengan BitCoin dimana BitCoin akan membagi dua penghasilan block rewardnya setiap tahun sedangkan Ethereum merilis jumlah Ether yg sama pada setiap tahun
3) Ethereum mempunyai metode yg berbeda beda dalam menghitung kos transaksi tergantung pada kompleksiti komputarisasi, penggunaan bandwidth dan storage yg diperlukan. Dalam istilah Ethereum, ia dinamakan GAS.
4) Ethereum dilengkapi dengsan kode internal turingnya yg komplit. Sebuah kode turing yg komplit artinya ialah jika diberikan tenaga komputer yg cukup dan waktu yg memadai... apapun itu dapat dikalkulasikan. Ini ialah sebuah bentuk fleksibilitasnya Ethereum
5) Ethereum ini didanai secara publik (Crowdfunding) cukup berbeda dengan BitCoin dimana hampir kesemua koin BTC dimiliki oleh para penambang yg diawalnya saja.
6) Ethereum memanfaatkan kekuatan memori hard harshing algoritma yg dikenal sebagai Ethash yg meringankan penggunaan ASICS dan mendukung penambangan desentralisasi oleh setiap individu menggunakan GPU mereka.


Ethereum tidak berfungsi seperti BitCoin atau mungkin Coin Alternatif lainnya yg dirancang untuk menunjukkan nilai sesebuah mata uang yg dipergunakan sebagai transaksi finansial. Sebaliknya Ethereum ialah sebuah "Token" yg wajib dibutuhkan oleh para developer untuk mengoperasikan software/ sistem teknologi mereka dalam Platform Ethereum; seumpamanya sebuah kereta/ mobil yg memerlukan bensin untuk berjalan.


Nah... Dalam komunitasnya Ethereum, ia terdiri dari sekumpulan Founder2 (pengasas) yg membangun Ethereum dari dasar, dimana salah satu Founder Ethereum ialah Vitalik Buretin, seorang programmer, penulis, co-founder BitCoin Magazine dan pernah memenangkan Award Teknologi Sedunia. Dengan adanya founder/ pencipta/ developer yg bekerja secara dekat dengan komunitasnya, ini menunjukkan bahwa Ethereum ialah sebuah sistem teknologi yg jelas, dimana ia tidak seperti BitCoin yg tidak ada satu orang pun mengenal siapa Satoshi Nakamoto (pencipta Bitcoin) yg sebenarnya.


Ethereum mempunyai 4 urutan timeline proses launchingnya, dimulai dari:

1) Frontier: Sebuah panggung awal yg menitik beratkan keluhan dan perhatian penggunanya
2) Homestead: Sebuah network yg jauh lebih stabil dimana ia tidak lagi dianggap "beta" (fase percobaan)
3) Metropolis: Mempresentasikan sebuah software bersahabat (user friendly) dengan ekosistem yg beragam termasuk Dapp Browser (Mist) dan tools seperti Mix the IDE
4) Serenity: Sebuah proses transisi kepada protokol yg lebih signifikan dan upgrade skalabilitas menuju "Industri-yg-siap-pakai"


Pada tanggal 15 Maret 2016, Ethereum sudah merilis Homestead pada softwarenya secara resminya, sejak dirilisnya Frontier pada bulan July 2015 yg lalu. Dengan launchingnya Homestead ini, Eth akan berkembang dan menunjukkan keunggulannya pada sisi network dan stabilitas. Moment berharga ini diselebrasikan secara online pada Google Hangout yg dihostkan oleh komunitas Ethereum itu sendiri skitar pada jam 18:50 UTC

https://goo(dot)gl/Z4kAOb
Terkadang yg membuat kita terheran heran ialah permintaan Ether yg semakin meningkat dari hari ke hari yg menyebabkan harganya kian melonjak, meskipun sudah dijelaskan pada postingan diatas bahwa tujuan utama Ethereum dibentuk bukan sebagai nilai mata uang.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email