Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Tepat Usir Rayap Di kusen Rumah Kita

Cara Tepat  Mengusir Rayap - tentu diingikan oleh semua orang seperti saya, karena rayap bisa merusak tembok , pilar kayu dan lemari hingga buku dan barang yang kita simpan digudang , mereka tak peduli milik siapa yang penting apa yang dirayap dimakan karena memang mereka diciptakan sebagai pemakan kayu dan sejenisnya.

Cara Tepat Usir Rayap Di kusen Rumah Kita

dimakan rayap

Dengan ini cara mengusir rayap dari rumah kita  akan kita bahas pada postingan sya kali ini. langsung saja :


Berikut cara untuk mencegah dan mengatasi rayap dengan biaya murah dan mudah secara tradisional dan sederhana:

Cara Mengusir Rayap Di Tembok dan Plafon Rumah

1. Air Kapur sirih


Air kapur sirih sangat efektif untuk membasmi rayap.Untuk mengatasi rayap yang ada pada kayu caranya cukup mudah yaitu dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.

2.Memakai Minyak Tanah


Bahan bakar yang satu ini sempat populer sebelum hadirnya konversi bahan bakar gas 3KG, apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka dapat menggantinya denga bahan lain yanitu minyak solar yang sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.

3. Pakai Air Bekas Cucian Beras


Air bekas cucian beras dapat juga mengusir rayap meski sifatnya sementara, yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.

4. Pakai Garam Dapur


Selain untuk keperluan masak-memasak ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan T3mb4k4u. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.

5. Pakai Tembakau

T3mb4k4u biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya terdapat di rumput atau perabotan mebel seperti kursi, sofa ataupun kasur, ternyata T3mb4k4u ini juga ampuh untuk mengusir rayap.
Cara menggunakannya adalah dengan mencampur T3mb4k4u dan air lalu di diamkan satu malam agar sari T3mb4k4u sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.

6. Pakai Sentricon

membasmi rayap yang ada ditanah kita membutuhkan alat bantuan sentricon, sentrikon sendiri terdiri dari 2 buah alat dimana alat yang pertama merupakan sebuah pengumpan yang taruh pada dinding/kusen yang menjadi jalur rayap, sedangkan alat yang ke 2 berupa detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon terdapat semacam tissu yang berfungsi sebagai pengumpan rayap, tissu tersebut berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang dapat menekan metabolisme pertumbuhan rayap, sehingga akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat sentricon digunakan rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu tersebut ke semua koloni rayap sampai akhirnya semua koloni akan mati termasuk yang ada di dalam tanah.

7.Pakai Termisida


Meski Bahan kimia ini sangat ampuh untuk mengusir rayap tetapi penggunaan Termisida ini sebaiknya dihindari dan dijadikan pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.

Cara Mudah Mencegah dan Melindungi Rumah Dari Serangan Rayap:


1. Membersihkan Saluran Air dan Selokan.

Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.

2. Memperbaiki Pipa dan Keran Air yang Bocor

Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.

3. Mengurangi Penggunaan Kayu Didalam Rumah

Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.

4. Menjaga Kebersihan Lubang Ventilasi

Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah Anda.

5. Merawat Elemen Kayu Secara Berkala

Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.

6. Beri jarak pada furnitur dan tembok


Rayap selalu memasuki bangunan rumah melalui celah-celah tembok. Dengan membawa jamur yang dapat mensintesa benda apa saja, rayap dapat dengan mudah melubangi beton untuk mencapai kayu yang paling dekat dengan tembok. Anda perlu memberi jarak sekitar 10 cm antara lemari kayu dengan tembok. Ini cukup membantu mengurangi resiko diserang rayap.

Gudang juga merupakan daerah yang paling sering diserang rayap. Yaitu jika di antara tumpukan barang-barang yang jarang dipindahkan terdapat kardus-kardus, lemari, palet dan benda lain yang mengandung selulosa. Anda perlu sering-sering merapihkan gudang, membuang kardus-kardus yang tidak terpakai, dan menjauhkan kayu dari tembok.

7. Proteksi Total pada seluruh bangunan rumah


Kita tidak akan pernah bisa menebak sisi mana yang akan diserang rayap, atau dari mana rayap akan memulai serangan. Melakukan proteksi total juga akan lebih menghemat biaya dibanding Anda harus melakukan renovasi di kemudian hari. Proteksi total dalah melakukan treatment anti rayap menyeluruh baik untuk bangunan jadi (paska-konstruksi) atau yang belum jadi (pra-konstruksi). Cara ini akan membunuh rayap yang sudah ada di bawah bangunan serta menghambat kedatangannya lagi dalam waktu yang lama. Invasi rayap terbang dari tempat lain tidak akan membahayakan karena seluruh struktur bangunan seperti kusen-kusen, lapisan gypsum, rangka atap, kitchen set, dan sebagainya diproteksi dengan anti rayap.

8. Hindari lahan bekas hutan atau kebun untuk membangun rumah

Kebun menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes). Jika Anda harus mendirikan rumah atau banguanan di area bekas perkebunan atau hutan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan chemical barrier, yaitu treatment anti rayap pra-konstruksi. Pekerjaan ini meliputi penyemprotan anti rayap pada permukaan tanah dan galian fondasi sebelum bangunan didirikan. Bahan kimia yang terkandung pada larutan termitisida akan mengikat tanah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sifatnya yang Knock Down akan mematikan koloni rayap yang sudah ada di bawah permukaan tanah, sifat residualnya akan menghambat kedatangan koloni rayap baru untuk jangka waktu yang lama.

Itulah sedikit info dan cara mengusir raya dari rumah kita semoga bermanfaat. Mudahkan ?oke silahkan mencoba dan lihat hasilnya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments