Sabtu, 27 Agustus 2016

Cara Bikin Sendiri Alarm Sepeda Motor Dengan Modal Dibawah 50 ribu

Dijaman seperti sekarang ini keamanan merupakan suatu hal yang tidak bisa dianggap remeh. dengan tingkat ekonomi yang tidak merata dan jumlah pengangguran yang terus meningkat tidak salah kalu tingkat kriminal juga terus meningkat setiap tahunnya. untuk itu kita harus pintar-pintar untuk mengamankan aset yang kita miliki dari tindak kejahatan termasuk juga sepeda motor yang biasa kita pakai dalam kegiatan sehari-hari. oke,,, artikel kali ini saya akan membagikan info bagaimana cara membuat alarm sepeda motor dengan modal yang sangat murah.

beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan sebelum anda memulai membuat alarm sepeda motor anti maling. Penasaran? Langsung saja simak baik-baik ulasan lengkap dari belajarelektronika.net yang satu ini.

Cara Bikin Sendiri Alarm Sepeda Motor Dengan Modal Dibawah 50 ribu



Alat-alat yang Dibutuhkan:

  1. Gunting
  2. Solder dan timah
  3. Isolasi kabel
  4. Komponen-komponen yang Diperlukan:

  •  Relay 4 kaki
  •  Switch atau saklar 3 kaki
  •  Soket relay
  •  Kabel kurang lebih 3 meter

Estimasi harga dari komponen yang diperlukan untuk membuat alarm motor ini kira-kira kurang dari 50 ribu rupiah tergantung tempat di mana anda membeli komponen tersebut. Berikut adalah skema rangkaian alarm pengaman sepeda motor anti maling sederhana yang bisa anda contoh.

Cara Membuat Alram Anti Maling:

1. Setelah melihat skema rangkaiannya, pastinya anda masih bertanya-tanya bagaimana cara membuat rangkaian tersebut. Mudah saja, anda bisa langsung mencoba sesuai dengan gambar diatas atau bertanya pada teman yang mengerti tentang elektronik/ kelistikan. selanjutnya letakkan alarm di tempat-tempat yang sulit dijangkau seperti di bawah jok. Setelah itu potong kabel negatif (hitam putih) CDI, dan sambungkan ke alarm dengan kaki 3.

2. Urutan kakinya, kaki nomor 1 dihubungkan ke kabel dari CDI menuju saklar. Kaki 2 dihubungkan ke kabel potongan CDI menuju ke body. Sedangkan kaki 3 dihubungkan menuju klakson. Selanjutnya pasang relay dengan cara menghubungkan kaki 86 menuju ke kabel saklar alarm, lalu sambungkan juga ke negatif klakson.

3. Sementara kaki nomor 30 dan 85 disambungkan menjadi satu lalu dihubungkan ke positif klason. Terakhir kaki 87 dipasang ke aki. Apabila semuanya sudah selesai, langsung lakukan pengetesan terhadap alarm motor sederhana tadi dan lihat hasilnya apakah sudah sesuai atau belum.

Demikian sedikit informasi cara bagaimana membuat  alarm pengaman sepeda motor. Semoga informasi tadi dapat bermanfaat bagi kita semua.
Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman anda bila bermanfaat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email